Apa itu Prompt ChatGPT ? Contoh Prompt Ai

Posted by Kampus Baca on Minggu, 20 Agustus 2023

Prompt ChatGPT adalah teks atau kalimat biasanya berupa perintah yang ditulis pengguna ChatGPT untuk memulai Chat , kemudian ChatGPT akan merespon prompt tersebut. Artinya Prompt inilah yang berfungsi sebagai perintah, sehingga kita harus menulis prompt yang tepat agar tanggapan yang diberikan ChatGPT sesuai dengan apa yang kita inginkan. Memang mirip chat dengan orang, tetapi dalam chatGPT adalah semacam bot yang menjawab. Tapi bukan bot biasa, melainkan bot yang sudah didukung dengan teknologi kecerdasan AI yang dikembangkan oleh https://openai.com/. Ok, untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai apa itu prompt dalam chatGPT berikut ini.


Cara menggunakan prompt ChatGPT bahasa Indonesia di OpenAI.com

1. Tentukan ide keyword atau niche yang sesuai dengan yang kita inginkan.

2. Prompt harus ditulis menggunakan bahasa yang kita inginkan, misalnya ingin membuat artikel berbahasa Indonesia, maka prompt juga pakai bahasa Indonesia.

3. Mulai membuat prompt yang spesifik dan jelas, berikut contoh prompt ala blog Carapada.


Contoh Prompt ChatGPT

Kamu ingin membuat video story IG, terus ide belum ada. Nah, ketik saja "Buat skrip iklan 30 detik tentang jilbab" kemudian tekan enter. Hasilnya akan seperti ini.

Kamu ingin membuat posting blog tentang prompt ChatGPT. Nah kita harus kreatif memilih kata-kata yang tepat dan menarik. Contohnya prompt begini " Tulis artikel tentang 10 Cara Efektif Menggunakan ChatGPT", hasilnya 

Ok, dua contoh di atas adalah prompt sederhana yang mungkin bisa membuat kamu lebih paham tentang apa itu prompt ChatGPT dan bagaimana cara menggunakannya. Dari contoh di atas, dapat kita pelajari bahwa untuk mendapatkan hasil atau jawaban dari ChatGPT yang baik, maka kita perlu memasukkan prompt yang jelas dan spesifik. 


Contoh Prompt ChatGPT yang menarik

  1. Tulis 10 Cara Cepat menambah follower tiktok dalam sehari
  2. Buat daftar ide posting blog tentang bisnis afiliasi
  3. Tulis 100 ide bisnis yang menguntungkan di tahun 2023
  4. Tulis artikel tentang 10 Cara meningkatkan skill public speaking dalam 2 hari
  5. Tulis deskripsi produk untuk Iphone 14 Pro
  6. Buat posting blog tentang manfaat ikut seminar bisnis online
  7. Tulis artikel tentang 10 Cara Cepat untuk meningkatkan penghasilan Adsense

Di atas hanya beberapa contoh prompt, untuk tips yang tepat tentang cara membuat prompt ChatGPT akan saya bahasa di postingan selanjutnya. Kamu juga boleh bereksperimen atau coba-coba nulis perintah atau prompt kemudian pelajari hasilnya. Dengan itu kamu akan lebih paham bahasa-bahasa perintah yang tepat untuk menghasilkan jawaban ChatGPT yang baik. Perlu kamu ketahui bahwa ChatGPT memakai teknologi Natural Language Processing (NLP), jadi bahasa yang dipakai memang natural. Hanya saja menurutku sebelum kamu posting hasilnya, harus kamu edit lebih dahulu agar nyaman dibaca dan artikel lebih SEO Friendly. Pokoknya asah terus kemampuan kamu dalam membuat prompt, meskipun ada web atau blog yang menawarkan ChatGPT Prompt Generator.

Sekian posting blog http://carapada.blogspot.com/ kali ini, semoga penjelasan di atas dapat menambah kreatifitas kamu dalam membuat prompt ChatGPT yang baik. 

Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 08.17

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.