Social Bookmark Dan Manfaatnya Bagi Blog

Posted by Kampus Baca on Sabtu, 18 Juni 2011

Social Bookmark adalah alat yang sering dilakukan oleh para pakar SEO. Misalnya dalam kontes SEO , mereka sering menggunakan situs social bookmarking Indonesia atau luar negeri agar posisi posting blog berada di posisi teratas. Cari ini dilakukan dengan melakukan submit link ke situs 
Berdasarkan pengalaman yang saya dapat dalam eksperimen ikut kontes seo dengan pakai blog baru ini, saya mempelajari banyak pemilik blog atau web  dalam kontes tersebut melakukan optimasi seo dengan cara mensubmit artikel ke situs social bookmark. Apabila situs social bookmarking tersebut dofollow, maka kita pun akan mendapatkan banyak manfaat misalnya terhadap posisi posting blog di search engine.

Konsep Social Bookmark
Social bookmark ini ibarat kita meninggalkan jejak, juga bisa dikatakan menanam link yang menuju situs kita. Social bookmarking dilakukan dengan cara submit url ke situs tersebut, kemudian  hal ini akan menarik perhatian bagi search engine misalnya google. Banyak layanan gratis di Indonesia untuk hal tersebut, kita hanya daftar dan kemudian jika sudah selesai membuat akun, kita pun dapat mensubmit alamat url posting kita.

Manfaat dari social bookmarking  berdasarkan pengalaman yang saya dapat antara lain : 
  • Berpengaruh terhadap posisi di serp/ search engine results page. Hal ini terbukti ketika artikel kontes seo saya berjudul mari berkomunitas di faceblog naik setelah saya submit di situs social bookmark, awalnya berada di urutan 460  kemudian berangsur – angsur naik hingga sementara di urutan 23 dalam google search engine.  Bahkan pernah di urutan no 9 , namun jika diibaratkan rumah, fondasi blog ini belum kuat karena masih baru.
  • Popularitas blog naik, dibuktikan dari jumlah pengunjung setiap harinya.
  • Kemungkinan pagerank pun juga akan naik, untuk yang ini saya belum membuktikan karena masih baru 3 bulan dan sifatnya jangka panjang dan sekarang masih n/a alias 0 belum meletus. Namun secara logika , jika situs social bookmark adalah dofollow dan memiliki PR yang tinggi, maka  aku yakin hal itu juga akan berpengaruh terhadap PR blog kita. Doakan ya.. agar PR blog ini cepet naik..he..he
Update: tips atas sudah aku gunakan dan hasilnya PR saya jadi 2
Di dunia , banyak orang yang sudah mengenal digg, delicious . Sebagai seorang blogger, kita pun juga harus mengenal social bookmarking Indonesia, diantaranya bogibookmark, kombes, situs portal, lintas berita, liputan khusus, infogue,populerkan, beritahusaya dan masih banyak yang lainnya. Sementara ini karena saya di dunia blogger adalah pemula, maka saat ini saya sedang membuat daftar situs social bookmarking Indonesia. Dan juga sedang mencari mana  yang dofollow dan juga mempunyai pagerank atau PR  tinggi. Apabila saya sudah melengkapinya , mungkin di posting selanjutnya akan saya share kepada kawan – kawan blogger. Terimakasih . 
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 12.03

{ 39 comments... read them below or add one }

Bisnis Online mengatakan...

saya pun memanfaatkan itu mas....walau masih terengah-engah

Mutiara Pembelajar mengatakan...

ini blog saya juga dari bisnis online...salam blogger!!!

bisnis online carapada blog mengatakan...

Kalu untuk keyword bisnis online memang ,,,meski ekstra keras...,,soalnya pesaing juga banyak..

nanonano18 mengatakan...

masih bingung ni mass,. hheheheh

carapada blog mengatakan...

nanonano18 :makasih dah mampir,,,bingungnya dimana..? tinggal submit kok,,mirip dengan share ke fb...,,salam kenal

Walman Carakom.Com mengatakan...

Kapan ya saya bisa dpet pagerank 0, pdhl skrg msh N/A mulu di http://www.carakom.com.. Mhn berikan saRannya mas_ :)

Belajar SEO Pemula Carapada Blog mengatakan...

waduh PR Blogku masih 0.,,makanya aku belum mau membuat artikel cara menaikkan pagerank blog , baru mempelajari dasar penghitungan pagerank oleh google,tapi setelah aku membaca tutorial dari master2 blogger ,kebanyakan ngasih tips cara menaikkan pr,,dapat dilakukan dengan cara mendapatkan inbound link dari situs lain yang PRnya tinggi dan relevan.Selain itu juga ditentukan oleh umur blog...,,mungkin ada pertanyaan lagi, boleh kok share..thanks..

Belalajar SEO Pemula Carapada Blog mengatakan...

nambah,,aku pernah share ke kawan,,,malah dia ngasih tips,,,nyuruh 1 hari 5 posting,,dan 20 backlink...

Vita Ayu Kusuma Dewi mengatakan...

cara nambah social bookmark ini gimana?

carapada blog mengatakan...

tinggal daftar dulu di situs social bookmarking,,,misalnya digg.com,,,kalau udah jadi,,terus submit url postingan blog,,,,,vheytha pernah share posting blog ke fb kan? biasanya ada menu berbagi tautan..nah kayak gitu,,meski punya fb dulu,,terus baru share alamat url nya..makasih dah mampir..

Sinauw.blogspot.com mengatakan...

berapa rata-rata usia blog dapat pr google ya mas.

carapada blog mengatakan...

@sinauw : sori baru bisa jawab...punyaku 3 bulan dah dapat pr 2,,tapi berdasarkan info,,update pr dilakukan setiap 6 bulan sekali,,,

Biro Jasa mengatakan...

gmana cara ningkatin websitenya yaa..ga ngerti

Latest Gadget mengatakan...

hehe... selain utk backlink juga utk traffic..
tp sesekali malah merugikan.. keyword yg digunakan malah link yg kita masukan di site bookmark yg lebih tinggi / lebih bagus posisi search engine.. tp sepertinya kejadian itu ga pernah ada lagi sejak update algoritma google terbaru

carapada blog mengatakan...

Biro Jasa : Kalo untuk ningkatin pr,,memang aku belum buat postingnya,,tapi posting blog ku ,,adalah sebagian dari proses meningkatkan website baik dalam SERP atau pengunjung...,blog ini pun baru saja dihadiahi pr 2 oleh google..kok mas..,,makasih dah mampir
Latest : salam kenal,,,kok bisa gitu ya?..tapi memang kejadianya juga pernah dialami blogger lain....

koin dolar online (koin_online) mengatakan...

seep ilmu social borkmarknya, saya blogging sdah dari beberapa tahun lalu, tapi masih newbie SEO, ^_^ wah mesti banyak belajar niy, makasih ilmu social bookmarknya

ilmu inspirasi air (ilmu_air) mengatakan...

social bookmark indonesia ini yang saya cari, saya lagi belajar ilmu SEO niy bro dan tadi searching tentang social bookmark di google dan menemukan blogmu disana, ok, ke TKP..

carapada blog mengatakan...

KOin : sama2 ,,,mari belajr bersama,,aku juga masih newbie..
Ilmu : siip gan...salam kenal

Panduan-info mengatakan...

Wah..abis baca ini jd bikin semangat lg memaksimalkan fungsi social bookmark yg dah lm ga' terurus (sbnrnya emank ga pernah ngurusin sih :D )
manteb sob..makasih..manfaat bgt nih

Carapada Blog mengatakan...

Panduan : sama2,,maksih juga sudah mampir,,met blogging aja..

les privat gepe mengatakan...

mantap...jadi semangat menaikkan PR blog Les Privat nih

GRATIS 750 Backlink setiap bulan mengatakan...

Tulisan yang sangat mencerahkan, terima kasih dan semoga semakin sukses ya

Bagi pemburu backlink GRATIS LEGAL AMAN BUAT GOOGLE DAN RUTIN SETIAP BULAN segera kunjungi http://cara-membuat-blog-penghasil-duit.blogspot.com/2011/09/gratis-backlink-750-buah-setiap-bulan.html

Soe Ma Dhie mengatakan...

mantaap infonya,,, salam kenak dari newbie

terbaru indonesia mengatakan...

infonya menarik gan...

Agen Xamthone Plus mengatakan...

thanks infonya gan...

kios obat mengatakan...

makasih banget atas sarannya gannn

cara cepat sembuhkan stroke mengatakan...

klo boleh tahu apa aja yach sosial bookmarknya..soalnya saya lagi butuh nih...

cantik alami mengatakan...

dari kemarin kemarin saya belum jelas tentang tutorial cara submit artikel ke social bookmark..mungkin agan bisa bantu nih

Andy mengatakan...

ini yang saya cari2.. thx gan..

Envy corset mengatakan...

blog yg bener2 bagus dan bermutu.

Social bookmarking indonesia mengatakan...

Artikel yang sangat bagus sekali .
dan jangan lupa submit artikelmu di lintasberitain

latest fashion trends mengatakan...

Wah makin banyak baca ttg SEO makin gak ngerti. Jadi jalan apa adanya dulu lah dengan penjelasan "carapada" ini. Thans a lot!

Sugeng S. mengatakan...

thnks gan ..sangat brmanfaat dah..

Telusur Reload mengatakan...

Iya benar gan, ane buktiin sendiri setelah coba sosial bookmark ini http://telusur.me ,dan lintas.me artikel saya banyak yang page 1.. thanks Infonya....

Media Telusur - Sosial Bookmark Indonesia mengatakan...

Ane tambahin sob 1 boleh, nih sob TelusurMe - Social Bookmark Dofollow

Ahmad Dahlan mengatakan...

ternyata bgtu ya manfaatnya..bisa menambah page rank dan serp...sy kira cuman membantu mendatangkan visitor saja..selama ini pake lintas.me saja kalo mau men-bookmark artikel blog saya...

makasih infonya mas

Kamera Hantu mengatakan...

makasih ya informasinya sangat bermanfaat, kebetulan lagi cari cari info ini, eh nyantolnya di mari...salam kenal

jasa pembuatan website mengatakan...

Infonya bermanfaat gan, untuk daftar wb nya mana gan?

mengatasi rambut botak mengatakan...

ini dia master yang saya cari, sosial bookmark emang mantep banget untuk naikin ranking web

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.