Pengertian Nofollow Dan Dofollow Link Pada Blog

Posted by Kampus Baca on Kamis, 09 Juni 2011

Pengertian atau Definisi Nofollow Dan Dofollow Link. Mendapatkan backlink adalah hal yang berharga bagi blog dalam SEO dan webmaster. Karena hal itu akan berpengaruh terhadap page rank dan posisi di search engine, misalnya dengan meletakkan kata kunci tertentu sehingga kunjungan akan bertambah.

Sebuah backlink dari situs Web atau blog merupakan nilai tambah bagi blog dan menurut pakar seo, hal itu dihitung oleh mesin pencari. Untuk lebih baiknya link tersebut berasal dari blog atau web dengan page rank tinggi, karena ada proses , kalau aku menyebutnya transfer PageRank (TrustRank), relevansi dan posisi kata kunci. 

Pengertian Nofollow dan  Dofollow Link

- Dofollow Link dalam SEO (Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari seperti Google) link yang bertujuan memberitahu robot search engine bahwa situs tersebut merangkak dan mengikuti sebuah link.  Dofollow Link membantu situs yang dituju. 

- Nofollow Link memberitahu robot mesin pencari yang merangkak ke sebuah website atau blog tetapi tidak mengikuti link ini.  Nofollow Link akan memilih link situs aslinya.

Dofollow Link
Meningkatkan situs atau blog dengan membuat link yang menuju ke blog kita sehingga posisi blog akan lebih baik dalam hasil pencarian. Hal penting yang harus kita pahami bahwa kita harus mempertimbangkan link dari situs yang tidak dihukum oleh Google atau dianggap bertentangan dengan kebijakan Google. Sebagai contoh, sebuah situs dengan tema duplikat konten atau dewasa serta konten ilegal atau spam.
Jika kita mendapatkan Inbound link dari blog yang memiliki reputasi yang baik , maka hal itu akan sangat bagus dalam optimasi seo.
Untuk blog baru seperti milikku ini, sebenarnya tidak baik apabila merubah blog menjadi dofollow blog, karena masih minimnya inbound link. Jadi ketika merubahnya akan tidak baik , karena terlalu banyak link yang keluar atau outbound link. Apalagi saya lagi belajar seo dengan mengikuti kontes SEO Mari Berkomunitas Di Faceblog.


Nofollow Link 
rel = nofollow bertujuan untuk menciptakan link yang tidak akan diikuti oleh robot crawler. rel = nofollow terkadang kadang digunakan untuk menghindari spam pada komentar blog dan memperbaiki struktur situs atau sebuah blog. 

Terkadang kita juga tidak menyalahkan ketika hal di atas digunakan, terutama ketika melakukan pertukaran link dan iklan, blog kita dapat kita buat menjadi nofollow sehingga kita hanya mendapatkan link satu arah. 

Bagaimana mendeteksi Link nofollow ? 

Umumnya mengambil bentuk: 
<a  href="http://carapada.blogspot.com/" rel="nofollow"> belajar seo pemula </ a> 

1. Melihat kode sumber melalui alat seperti misalnya Firebug.
2. Download NoDofollow (ekstensi firefox). Akan ada dofollow link (baik), dan Nofollow (buruk), dalam jenis yang berbeda untuk mengidentifikasinya secara visual. 

Nofollow saya ibaratkan hanya sebagai lalu lintas. Terimakasih sudah membaca artikel Pengertian Dofollow dan Nofollow Link, Semoga bermanfaat , Salam blogger Indonesia.
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 17.49

{ 39 comments... read them below or add one }

Bisnis Online mengatakan...

terimakasih informasi pengertiannya...sukses

Horier mengatakan...

makasih untuk informasinya yah..aku ambil intinya aja buat posting diskusiku ^^

salam kenal sebelumnya,

richard mengatakan...

mantabs
ngerti sekarang saya
makasih

blog.gurutulis mengatakan...

masih belum mengerti, namanya juga pemula. ntar praktek dulu

Al-kahfi mengatakan...

Info-infonya sangat bermanfaat

pulsa mengatakan...

aku lebih suka berkomentar yg do follow mas broo

Arif Purwanto mengatakan...

mantap kang sekarang ane tau apa maksudnya. Kemaren pas buat meta tag generator ada pilihan ntu. karena gak tau apa maksudnya jadi sembarangan aja deh...

Arif Purwanto mengatakan...

mantap kang sekarang ane tau apa maksudnya. Kemaren pas buat meta tag generator ada pilihan ntu. karena gak tau apa maksudnya jadi sembarangan aja deh...

Yuyut Wahyudi mengatakan...

Wah jadi ngerti sekarang maksudnya dofollow dan nofollow. tapi belum tau kelebihan dan kekurangannya nih...

Prinsip-Principle mengatakan...

mantap gan sangat bermanfaat ..bagi saya yg baru berlajar ngeblog....

seputar dunia mekanik mengatakan...

gmn ya kurang ngerti...

Irawan mengatakan...

Kalau di cek satu persatu source pagenya jadi lama dan harus dibantu plugin firefox ni
terima kasih atas infonya

umrah haji mengatakan...

Artikelnya sangat mencerahkan... terima kasih tentang ulasan nofollow dan dofollownya...

sarang kroto mengatakan...

ini dia yang harus saya pelajari.trim gan

abduroim mengatakan...

informasi yang sangat membantu khususnya bagi para bloger pemula seperti saya ini . . .
terimakasih atas informasinya
salam bloger

JSS Tripler mengatakan...

mksih infonya gan
udh ngerti skrng :)

simple gaya mengatakan...

mz masih bingung ne antara Dofollow dan Nofollow....

Tips Membeli Kamera DSLR mengatakan...

Terima Kasih banyak sobat sudah sharing, sekalian mau tanya nih. Menurut anda apakah link nofollow masih berpengaruh di SERP? Ditunggu jawabannya sobat :)

byuz mengatakan...

baru paham n mudeng neh arti dofollow n nofollow,, tapi masih agak bingung? ada manfaatnya ga sih selain nambah backlink...masih bingung neh?

Bolank mengatakan...

terimakasih.

dan sangat membantu.

agriculturproduct mengatakan...

terima kasih sobat atas penjabarannya.

Anonim mengatakan...

Iya bermanfaat sekali artielnya..

salam kenal
commnet back yaa

Unknown mengatakan...

thanks infonya :)
kunjungi balik
http://blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2012/11/24/jurusan-teknik-informatika/

Suranto mengatakan...

ouw gitu yah.. baru tahu nih

Anonim mengatakan...

bagus artikelnya

bisnis pulsa murah all operator mengatakan...

taks infonya gan

Ayu mengatakan...

akhirnya ngerti juga, nice post gan :)

tas wanita terbaru mengatakan...

oke tapi saya ingin bertanya kalau boleh, karena selama ini saya rasa belum saya pahami, saya ikut affiliate tapi untuk laporan kok ada google bot yang ikut masuk ke url visitor ya? padahal sudah saya kasih kode nofollow semua. terima kasih sebelumnya

Mishbahul Munir Poetrafoto Photography mengatakan...

Informasinya sangat membantu. Salam dari Poetrafoto Wedding Photographer Indonesia

Unknown mengatakan...

gw masih belum paham ni sob mampir donk ke blog gw liatin blog gw no atau dofolow bisa ga?heheh maklum masi newbie
koraNtop.blogspot.com

Vidio Tilawah mengatakan...

Sayang blog agan ga dofollow:Dsalam peluk hangat, http://kidzib.heck.in/kontes-seo-hanya-dianekahosting-com-webh.xhtml

Erin Herlina mengatakan...

Saya masih kurang paham nih masih bingung

ViperGoy Blog mengatakan...

Saya jadi mengerti gan :)
Tapi menurut saya blog itu lebih bagus NoFollow dari pada Dofollow :)

Karena Dofollow menganut kekayaan yang instant tetapi tidak untuk masa depan, beda dengan halnya dengan Nofollow :)

movie2one mengatakan...

apakah komentar ini jg do follow?

d'FlyR mengatakan...

Semakin mengerti tentang "Dofollow" & "Nofollow"

Unknown mengatakan...

terima kasih gan,,masih belum ngerti sih ehehehe..mampir yuk ke blog saya thanks ♥

Dinitalk About World

Faiztronik mengatakan...

posting artikel cara buat blog yang Nofollow bos ya???ditunggu
PULSA MURAH

Wata mengatakan...

Terima kasih infonya...

Unknown mengatakan...

Thanks info nya sangat bermanfaat
Mau hosting Gratis Wordpress joomla Blog Openblog atau Prestashop dan lainya
Mampir di sini: https://www.webcyber.net

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.