Pengertian Anchor Text Dalam Optimasi SEO

Posted by Kampus Baca on Rabu, 04 Mei 2011

Anchor Text
Anchor Text adalah salah satu topik penting dalam SEO (search engine optimization) . Karena hal ini menentukan peringkat untuk kata kunci / keyword tertentu. Jika kawan – kawan belum mengetahui apa itu anchor text , kali ini saya akan mengajak belajar bersama mengenai pengertian / definisi anchor text, optimasi dan pentingnya anchor text untuk blog.



Apa itu Anchor Text?

Anchort text (juga disebut judul link, label link) adalah sebuah teks terlihat yang digunakan untuk hyperlink. Anchor text biasanya memberikan informasi kontekstual tentang isi dari tujuan link. Kata yang terkandung dalam anchor text menentukan peringkat halaman oleh mesin pencari. Sekarang saya akan menjelaskan dengan contoh sederhana.

" Tips Blog  -Tempat Tips dan Trik Blogger Tebaru "

Text yang akan diklik " Tips Blog " adalah anchor text. Ketika mesin pencari / search engine merangkak ke halaman web atau blog kita , Anchor Text memberi informasi kepada mereka , tentang isi dari link tersebut. Jadi, ketika mesin pencari sedang bekerja, maka akan mengasumsikan bahwa link tersebut adalah tentang ", Blogging, Tips blog, trik ..... yang terkait kata kunci. Google , Yahoo , MSN dan mesin pencari lainnya akan memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci tersebut.

Banyak Blogger tidak tahu pentingnya anchor teks. Alih-alih menggunakan kata kunci yang sesuai menjadi link yang dapat diklik, mereka menggunakan teks tambahan seperti di bawah ini:

" Tips dan Trik Blogger Terbaru - Klik Disini "

Dalam kasus di atas mesin pencari berasumsi bahwa halaman web terkait adalah tentang "klik, di sini ... yang sama sekali tidak berhubungan dengan website atau blog.


Mengapa Anchor teks sangat penting dalam optimasi SEO

Anchor text adalah seperti kata kunci, karena akan bepengaruh terhadap peringkat dalam algoritma search engine karena teks terkait biasanya memberikan info konten halaman. Saya berpendapat hal ini akan meningkatkan peringkat mesin pencari dari Blog atau situs kita. Dan tujuan dari mesin pencari adalah untuk memberikan hasil pencarian yang sangat relevan. Jadi anchor teks sangat penting jika kita ingin mempunyai website atau blog agar berada di halaman pertama search engine untuk kata kunci tertentu.
Postingan ini berlanjut ke : Optimasi SEO Menggunakan Anchor Text
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 12.26

{ 61 comments... read them below or add one }

Cara Online mengatakan...

wah sharing seo nya kompli bgt, nice share. lanjutkan kwn..

carapada blog mengatakan...

makasih kawan,,masih banyak yang meski harus aku pelajari..,,moga posting ini bermanfaat

surf mengatakan...

sudah lama saya nyari2,,ternyata ktmu nya disini,,,
soal blog mngkin saya paling miskin,baru 2 entry terpasang,,,
makasi gan sharing nya,,lain wktu berkunjung lagi,,,

carapada blog mengatakan...

Surf ; met blogging aja,,saling berbagi kalau ada tips dari kamu ya..,,salam kenal

Anonim mengatakan...

kk Gimna .. ? Tukar Link..?

vickiu mengatakan...

salam sukses bro..
gak keratan kan klu ane nanyak2????

gimana kita membuat teks yaang muncul disaat cursor mengarah kelink???

thank??
nandyana18@rocketmail.com

Belajar Bisnis mengatakan...

ini dia yang ku cari,thanks gan

Anonim mengatakan...

Info yang menarik, terima kasih gan...

Han Mutawadhyan mengatakan...

Sangat bermanfaat infonya ,terima kasih banyak

kios herbal mengatakan...

makasih banget atas pengetahuan yang diberikan..
semoga bermanfaat juga buat yang lainnya..

cara cepat dan ampuh mengobati asam urat mengatakan...

aku masih belum faham banget nih mengenai anchor teks...
semoga dengan membaca artikel ini pengetahuan saya mengenai anchor teks bisa lebih jauh lagi..

Matras Newbie mengatakan...

Info yang berguna buat pencerahan. Saya sering juga makai lihat disini!, klik disini!, dan lain sebagainya.

Abed Saragih mengatakan...

Infonya bermanfaat nih gan.

Felix mengatakan...

Ohh.. btw, aku itu ternyata sering banget gunain Anchor text tapi gw ga tau namanya ==" baru tau skrg.. wkwkwk.. thx ya ^^

Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya : http://vipergoy.co.nr/

mellee mengatakan...

wuish mantap gan informasi nya nih !
obat hepatitis

bagaimana caranya mengatakan...

makasih banyak nie sob,saya jadi lebih pahan sekarang,,thank sekali lagi

Anonim mengatakan...

mas saya tu udah banyak baca tentang anchor text tapi cuma naruhnya + kalo pake judul postingan lain boleh gak , makasih.. ngomong-ngomong saya udah follow blog ni ,, saaya tunggu folbacknya,,

Unknown mengatakan...

sebelumnya, saya belum pernah tau apa itu anchor tex,
setelah baca baru dapat titik terangnya..

terimakasih banyak gan untuk postingannya.

Minta masukan tentang blog saya ya.

Sae Jati mengatakan...

thanks bro... info yang bermanfaat...

salam kenal dari Jepara :-)

Jaket kulit mengatakan...

sipppppp nambah ilmu nya lanjut gan

Percetakan mengatakan...

Sangat membantu sekali,.. Informasi yang sangat bermanfaat,.. Makasih ya,..

Anonim mengatakan...

trima ksh pengetahuannya ....
jngn lupa knjungi blik blog ecek2 saya : http//dunia-it-qu.blogspot.com/

craxup mengatakan...

owh itu rupanya pengertian anchor
thanks sob infonya

hosting gratis mengatakan...

makasih nich info anchor textnya. Sangat membantu ane...

www.zhenhella.web.id mengatakan...

Nambah lagi nih 1 ilmu tentang SEO...
Thanks ya gaan....

carahalal mengatakan...

katanya achor text juga baik buat keyword ya ....sy suka baca aartikel di sini

Unknown mengatakan...

makasih infonya sob..

Unknown mengatakan...

ilmu yang bermanfaat sob...

Nofianto Puji Imawan mengatakan...

gue suka gaya loe

YouTuber mengatakan...

wah nambah lagi nih ilmu SEO nya
Terimakasih bgt infonya


Tes
Wajah Putih

Welly mengatakan...

Daftar feednya dimana bro?

Dika Euphrosyne mengatakan...

bermanfaat banget sob artikel nya...
mampir juag ya ke blog saya http://dikaeuphrosyne.blogspot.com
makasi..

informasi berita online mengatakan...

trims infonya gan....anchor text sangat penting untuk seo

Royger Simamora mengatakan...

Thanks buat infonya . :)

ari mengatakan...

makasih Bro..dapat tambahan bekel buat blogging..TQ

Blog Ridhwan mengatakan...

Ternyata Anchor Text adalah sebuah keterangan dari link yang dimaksud.. Makasih gan atas infonya..

trik windows mengatakan...

Saya kadang dibingungan dengan istilah-istilah SEO. Ternyata benar anchor text itu adalah text linknya.. mantap

lusi puspita mengatakan...

info nya menarik sekali kak,, baru tau ,, kalo hal tersebut penting,,, :)

Belajar SEO MWB mengatakan...

Seperti nama pengomentar, itu termasuk anchor text bukan mas??

Infoloverz Kamera Murah mengatakan...

Terimakasih Admin, Berkat Postingan Ini Saya Semakin Memahami Pengertian Anchor Tag Dan Mengaplikasikannya Saat Membuat Postingan. Di Tunggu Kunjungan Baliknya.

Camera.co.id Toko Kamera Murah di Indonesia

Perusahaan Outsourcing mengatakan...

nambah ilmu lg nih

INDIECOMNET mengatakan...

di era hummingbird ini gimana bos? koksusah sejali masuk page one...

Reload Pulsa Murah mengatakan...

si mbak Bogi ini udah cantik pinter lagi tenyang SEO,ada pertanyaan dari sy yg gaptek nih mbak: Gimana cara setting suatu blog menjadi Nofollow????makasih jwbnya mbak sebelumnya,
Jika berkenan jawaban via Email aja mbak ponar123@yahoo.co.id

Inspirasi Ku mengatakan...

Makasih gan, saya jadi lumayan paham anchor text.
http://situsdonlotte.blogspot.com/

SmartradeForex mengatakan...

Bagus blognya gan... minta sarannya untuk blogku gan http://smartradeforex.blogspot.com/

cara-blogseo mengatakan...

mantaps gan.

Unknown mengatakan...

Maaf gan apakah anchor text sama dengan membuat link di postingan?. Maklum saya masih pemula banget nig.
Kunjungi blog saya ya :
http://obatvitiligo.com/

vimax asli mengatakan...

jadi mengerti aku sekarang gan, selama ini saya selalu menggunakan kalimat lihat disini. terima kasih gan infonya. akan saya rubah semua anchor text anchor text yg terlanjur sdh ada.

Unknown mengatakan...

Waw, that's good,,,
I think, I can learn more about SEO...
Thanks to Carapada...
Oh ya, join in my blog in http://agdiansaputra.blogspot.com/
I hope your suggestion can change my blog to better again,,,
thanks

Unknown mengatakan...

nice info ....
jgn lupa berkunjung sob.. :)
http://harafimulki.blogpsot.com

putuadimarta mengatakan...

wah kebetulan saya lagi cari-cari pengertian dan definisi dar anchor text, dan akhirnya saya nyangkut dan menemukan penjelasan yang lengkap disini
tks ya

idut enos mengatakan...

numpang nyimak aja boss,,,,
lagi gk ada ide nih
salam kunjungan dari http://cara-cara-sidut.blogspot.com

vimax asli mengatakan...

saya adalah pengguna prestashop. pada menu pembuatan posting, terdapat gambar rantai dan jangkar. rantai artinya masukkan link, sedangkan jangkar maksudnya adalah anchor text. ketika saya menggunakan jangkar, yang muncul adalah kode ... sedangkan yang rante adalah masukkan link. pertanyaan saya adalah saya harus menggunakan yang mana ketika akan menggunakan anchor text

Obat Mata Paling Ampuh mengatakan...

Obat Mata Paling Ampuh
Khasiat Super Lutein
S Lutena
Naturally Plus Indonesia
Jual S Lutena

Pakan Alternatif mengatakan...

Ternyata dari kemarin ingin mengetahui tentang text anchor rupanya begini toh, berkunjung dan membaca baru dapat ilmunya, suai deh makasih sebelumnya. salam kenal

Artikel Tentang Internet mengatakan...

Blog Walking dari http://artikel-tentanginternet.blogspot.com. Sekaligus cari backlink.

pembelajaran mengatakan...

anchor text adalah kata yg merujuk ke blog kita...

saatnya mengatakan...

akhirnya saya mengerti juga apa itu yang dimaksud Anchor Text! terima kasih ya mas gan,

belajar internet marketing mengatakan...

Segitu berpengaruhnya anchor text untuk seo. Terima kasih atas artikelnya. Sangat membantu sekali.

Anonim mengatakan...

Akhirnya gua mulai ngerti. Thanks Mbak Bogi Sebastian :D

Rita Putri mengatakan...

terima kasih ilmunya. saya juga lagi belajar nge blog nih. nice posting! ini anchor text saya koleksi baju terbaru dan terlengkap

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.