Pengertian Outbound Link Dan Dampaknya Bagi Blog

Posted by Kampus Baca on Jumat, 10 Juni 2011

Pengertian atau Definisi Outbound Link adalah link dari situs web atau blog kita menuju ke situs lain. Ketika pengunjung mengklik link tersebut, maka visitor tersebut akan meninggalkan situs atau blog kita. 

Outbound link atau Link keluar dapat berupa membuka tab baru. Link ini sangat mudah untuk dikenali, karena memang disediakan , terkadang ada yang menggunakan atribut misalnya dengan rel = "noffolow". . Untuk memahami atribut tersebut baca terlebih dahulu  nofollow dan dofollow link. Selain itu, link keluar juga ada yang menggunakan varian dengan menggunakan java script

Untuk mengetahui link dengan target blank atau new tab , biasanya seorang blogger menggunakan kode :

<a href="www.domain.com" target="_blank" title="name">Name</a>

Sebenarnya apa sih pengaruh mempunyai outbond link ?

Mungkin untuk blog baru yang seperti milikku ini, terlalu banyak link yang keluar, akan berdampak buruk bagi peringkat di search engine. Setelah saya membaca Panduan dari  Google Webmaster, mungkin untuk blog baru alangkah lebih baiknya adalah membangun inbound link terlebih dahulu. Terlalu banyak link yang keluar  dirasa tidak baik untuk sebuah blog seperti milik saya ini. 

Namun tidak memilik link keluar , juga  akan memberi dampak negatif bagi blog. Oleh karena itu, kadang-kadang kita harus mempertimbankan untuk menaruh beberapa link ke situs lain, misalnya relevansi . Outbound link ke topik yang relevan oleh mesin pencari atau search engine, seperti Google, tidak dianggap negatif. 
Selain itu kita menghindari  untuk membuat outbond link ke halaman spam, dan situs lainnya yang oleh google dianggap melanggar kebijakan. Jika kita membuat link secara langsung ke situs spam, hal ini dengan cepat dapat berdampak negatif pada peringkat blog kita sendiri.
Semoga posting blog hari ini mengenai Definisi atau Pengertian Outbound Link, dapat bermanfaat bagi kita, Terimakasih atas kunjungannya.
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 13.30

{ 30 comments... read them below or add one }

panduan dan tutorial gratis mengatakan...

yup benar kawan, outbound link memang bisa memiliki dampak negatif dan juga positif, asalkan outbound link mengarah ke sumber yg relevan n gk di banned google itu tdk akan berpengaruh buruk kok, justru sepengalaman saya malah baik utk seo (linking to other trusted site is one of seo strategies as long as the links are relevant). O iya, mengenai template ini bagus/tdk utk kontes seo, kebetulan saya pernah dwnld template thesis seo ini tpi gk dipake, cuma lihat isinya aja. Template ini bagus kok utk seo krn post url nya menggunakan h1 yg banyak direkomendasiin oleh org2 yg udh pengalaman, tpi sayang template ini membuang h3, sementara salah satu syarat seo h1, h2, h3 harus ada n membentuk struktur yg memudahkan robot mesin pencari dlm pengindeksan. Jdi menurut saya sebaiknya ditambahkan h3 juga

carapada blog mengatakan...

ya nich,,setelah aku teliti langsung h4, alias komentar...wah mesti belajar html dulu...pusing deh.

Unknown mengatakan...

hiks,,podo ae mumet mas.. =='

Cansebu Resort mengatakan...

atau biasa di sebut back ya bos.... hehehehe

jam tangan mengatakan...

kalau misalkan ga 1 tema gimana yah? habis kurang enak juga kalo titip link ke kompetitor :D

Kaos Flanel mengatakan...

kalau PRnya drop terus karenaapa ya mas

obat herbal stroke mengatakan...

makasih pencerahannya gan,sangat bermanfaat

RedSignal mengatakan...

kalau blog saya banyak link yang keluar, tapi kelihatannya sejalan

pakaian muslim online mengatakan...

pantasan dulu pertama saya buat blog langsung banyak outbond link..ehhh benar juga dampaknya negatif. pencerahannya terima kasih banyak gan

christian tatelu mengatakan...

top infonya....

makasih ya!!!!

Jakarta Hotel mengatakan...

Tampaknya saya harus berguru di blog ini.

niki mathers mengatakan...

Thanks infonya, tapi saya masih bingung, kita kan ga boleh langsung nge link ke website spam. nah website spam itu seperti apa ? n bagaimana qt mengetahuinya ?. Trimakasih

Atap Fiberglass mengatakan...

nice info! keep update.

abaselma mengatakan...

kalo mau mengurangi outbond link, ngcek nya dimana Mas, terima kasih

info fashion mengatakan...

terima kasih informasinya sangat membantu

Eflianda BlogzZz mengatakan...

ya betul juga,
lebih bagus lagi bila memiliki inbond dan outbond link yang seimbang..

neng sri mengatakan...

aku pengen liburan bareng mas

krisna mengatakan...

Sebenernya bagus juga outbound link bust seo. Asal ke trusted site. Itu menurut pengalamanku aja sih.

Mywapblog seo mengatakan...

Terimakasih sob infonya...

Bali Wedding Photographer mengatakan...

Terimakasih penjelasannya..
gimana cara mengetahui jumlah inbound & outbound link ya?

Blog Master Zukhruf mengatakan...

Tapi inbound link harus tetap lebih banyak dari outbound link, hehee..

Erwan Setiawan mengatakan...

Makasih atas penjelasannya.
Sangat membantu sekali buat saya yang baru di dunia blog

free software akuntansi keuangan mengatakan...

Maaf, mau tanya gan, adakah ada batasan maksimal utk OBL? makasih.

natiq mengatakan...

saya mau tanya. kalau umpama saya meletakkan link keluar di setiap artikel blog saya, apakah itu bisa berbahaya bagi blog saya (misalnya di-bannned oleh google)?

maksud saya begini. saya punya sebuah blog, juga punya toko online. untukmendatangkan pengunjung ke toko online, saya memasang link toko online tersebut di setiap artikel blog saya. apakah itu berbahaya bagi blog saya? terima kasih.

sancoLgates mengatakan...

bagus gan .. tool buat check inbound & outbound link per web gimana gan

Loading mengatakan...

Artikel yang bermanfaat sob, outbound link yg tertanam pada artikel juga harus benar-benar relevan dengan topik yang dibahas.

Latifah mengatakan...

Izin nyimak mas.. saya lagi belajar seo :)

backlink alami cepat gratis mengatakan...

mkasih gan , jadi tau pengertian-outbond-link-dan-dampaknya ,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya di anprat.blogspot.com tmakasih skali lagi gan

reky mengatakan...

makasih infonya yah :D

Belajar Cara Bisnis mengatakan...

artikel yang bermutu. sangat bermanfaat untuk saya gan. terimakasih dan ditunggu posting berikutnya.

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.