Tips memilih kata kunci untuk
blog. Membuat kata kunci di blog untuk tujuan optimasi SEO adalah hal bermanfaat
bagi perkembangan sebuah blog. Banyak blogger
terkadang mengabaikan untuk melakukan
penelitian "Kata kunci" atau niche keyword tertentu untuk website
bisnis atau layanan tertentu.
Penelitian kata kunci adalah hal
yang penting untuk SEO karena hal ini akan berpengaruh terhadap peringkat yang
baik dalam mesin pencari, Google pada khususnya. Untuk melakukan ini bisa memakan
waktu yang lama dan juga sangat mahal. Maka berdasarkan hal itu, sangat penting
untuk memilih kata kunci yang tepat dengan cara yang efektif dan efisien, sehingga
kita dapat menghasilkan uang dan memiliki waktu untuk berkonsentrasi pada
bidang pemasaran lainnya.
Kebanyakan para blogger terlalu
berkonsentrasi pada kata kunci yang banyak dicari di Google, dan itu memang
sangat berguna untuk menentukan kata kunci yang paling banyak dicari. Namun hal
ini juga bisa menjadi sangat sulit untuk bersaing karena kompetisi yang tinggi
untuk beberapa kata kunci yang dipilih.
Untuk memilih kata kunci yang
efektif, strategi positioning merupakan hal yang penting sebagai langkah untuk
mengoptimalkan halaman blog kita. Untuk blog yang cukup baru dan masih perlu
waktu untuk membuat artikel dan membangun dasar yang baik, saya sarankan
menggunakan kata kunci yang kurang kompetitif. Jika domain anda sudah memiliki umur
(usia domain) dan situs anda sudah memiliki banyak backlink (link eksternal ke
halaman anda), maka kemungkinan blog kita akan dapat terindeks lebih cepat dan
mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci yang kompetitif.
Tips Memilih Kata Kunci Untuk
Blog
1.Analisis kata kunci > popularitas, kata kunci yang relevan.
2.Analisis pesaing / kompetisi > kompetisi di hasil mesin pencarian
3.Fokus pada beberapa niche keyword
4.Kombinasikan kata kunci dengan banyak pencarian dengan frase kata kunci
5.Mulai membuat posting ( kuantitas dan kualitas konten )
6.Melihat statistik kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menuju blog kita.
2.Analisis pesaing / kompetisi > kompetisi di hasil mesin pencarian
3.Fokus pada beberapa niche keyword
4.Kombinasikan kata kunci dengan banyak pencarian dengan frase kata kunci
5.Mulai membuat posting ( kuantitas dan kualitas konten )
6.Melihat statistik kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menuju blog kita.
Tool Google untuk research keyword
Jadi jika kita ingin memposisikan
diri dengan baik untuk fokus pada kata kunci yang memiliki kompetisi potensi
jangka panjang dan rendah, kemungkinan blog kita akan berada di posisi yang
baik untuk waktu yang lama. Untuk mengetahui hal ini kita dapat menggunakan
tool / alat untuk penelitian kata kunci, misalnya Google Wawasan (Searches
Statistik) dan Google Trends secara Gratis. Kita juga dapat menggunakan tool
lainnya yang mendukung.
Google wawasan misalnya
memberikan persentase pencarian untuk kata kunci pada bulan tertentu. Atau Google
Trends yang dapat memberikan trend atau niche yang berdasarkan popularitas.
Namun kita jangan lupa untuk mempertimbangkan kata-kata kunci berdasarkan
kompetisinya. Jika kita sudah melihat peningkatan trend dan dengan rendahnya
tingkat persaingan, maka kita akan mudah untuk memilih kata kunci yang tepat
karena hal ini memang menguntungkan, karena popularitasnya meningkat.
Penelitian berkala dan teratur
sudah selayaknya dilakukan oleh para blogger untuk keberlangsungan situs.
Semoga bermanfaat.
{ 6 comments... read them below or add one }
sangat bermanfaat infonya :)
makasi..infonya mas..
http://alfijadul.blogspot.com/
Masukan yang sangat membantu buat blogger pemula seperti saya, thanks atas pencerahannya ya gan, di tunggu kunjungan baliknya.
bagus artikelnya gan.blogwalking gan
maksud strategi positioning maksudnya apa gan ? maklum masih newbie. artikel yang bagus sekali gan, salam kenal
super sekali (y)
http://www.topikterupdate.com
Posting Komentar