Tips Memilih Kata Kunci Untuk Blog

Posted by Kampus Baca on Senin, 29 Oktober 2012

Tips memilih kata kunci untuk blog. Membuat kata kunci di blog untuk tujuan optimasi SEO adalah hal bermanfaat bagi perkembangan sebuah blog.  Banyak blogger terkadang  mengabaikan untuk melakukan penelitian "Kata kunci" atau niche keyword tertentu untuk website bisnis atau layanan tertentu. 

Penelitian kata kunci adalah hal yang penting untuk SEO karena hal ini akan berpengaruh terhadap peringkat yang baik dalam mesin pencari, Google pada khususnya. Untuk melakukan ini bisa memakan waktu yang lama dan juga sangat mahal. Maka berdasarkan hal itu, sangat penting untuk memilih kata kunci yang tepat dengan cara yang efektif dan efisien, sehingga kita dapat menghasilkan uang dan memiliki waktu untuk berkonsentrasi pada bidang pemasaran lainnya.

Kebanyakan para blogger terlalu berkonsentrasi pada kata kunci yang banyak dicari di Google, dan itu memang sangat berguna untuk menentukan kata kunci yang paling banyak dicari. Namun hal ini juga bisa menjadi sangat sulit untuk bersaing karena kompetisi yang tinggi untuk beberapa kata kunci yang dipilih.

Untuk memilih kata kunci yang efektif, strategi positioning merupakan hal yang penting sebagai langkah untuk mengoptimalkan halaman blog kita. Untuk blog yang cukup baru dan masih perlu waktu untuk membuat artikel dan membangun dasar yang baik, saya sarankan menggunakan kata kunci yang kurang kompetitif. Jika domain anda sudah memiliki umur (usia domain) dan situs anda sudah memiliki banyak backlink (link eksternal ke halaman anda), maka kemungkinan blog kita akan dapat terindeks lebih cepat dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci yang kompetitif.

Tips Memilih Kata Kunci Untuk Blog
1.Analisis kata kunci > popularitas, kata kunci yang relevan.
2.Analisis pesaing / kompetisi > kompetisi di hasil mesin pencarian
3.Fokus pada beberapa niche keyword
4.Kombinasikan kata kunci dengan banyak pencarian dengan frase kata kunci
5.Mulai membuat posting ( kuantitas dan kualitas konten )
6.Melihat statistik kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menuju blog kita.
Tool  Google untuk research keyword
Jadi jika kita ingin memposisikan diri dengan baik untuk fokus pada kata kunci yang memiliki kompetisi potensi jangka panjang dan rendah, kemungkinan blog kita akan berada di posisi yang baik untuk waktu yang lama. Untuk mengetahui hal ini kita dapat menggunakan tool / alat untuk penelitian kata kunci, misalnya Google Wawasan (Searches Statistik) dan Google Trends secara Gratis. Kita juga dapat menggunakan tool lainnya yang mendukung.

Google wawasan misalnya memberikan persentase pencarian untuk kata kunci pada bulan tertentu. Atau Google Trends yang dapat memberikan trend atau niche yang berdasarkan popularitas. Namun kita jangan lupa untuk mempertimbangkan kata-kata kunci berdasarkan kompetisinya. Jika kita sudah melihat peningkatan trend dan dengan rendahnya tingkat persaingan, maka kita akan mudah untuk memilih kata kunci yang tepat karena hal ini memang menguntungkan, karena popularitasnya meningkat.
Penelitian berkala dan teratur sudah selayaknya dilakukan oleh para blogger untuk keberlangsungan situs. Semoga bermanfaat.
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 11.37

{ 6 comments... read them below or add one }

yb subranto mengatakan...

sangat bermanfaat infonya :)

aldi mengatakan...

makasi..infonya mas..
http://alfijadul.blogspot.com/

Liandhara mengatakan...

Masukan yang sangat membantu buat blogger pemula seperti saya, thanks atas pencerahannya ya gan, di tunggu kunjungan baliknya.

belajar menjadi blogger mengatakan...

bagus artikelnya gan.blogwalking gan

belajar menjadi blogger mengatakan...

maksud strategi positioning maksudnya apa gan ? maklum masih newbie. artikel yang bagus sekali gan, salam kenal

Macanloreks mengatakan...

super sekali (y)

http://www.topikterupdate.com

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.