Google Penguin dan Cara Mencegah Dampaknya

Posted by Kampus Baca on Selasa, 30 Oktober 2012


Google telah meluncurkan update algoritmanya yaitu Google Penguin pada 26-27 Mei 2012. Meski google sudah meluncurkannya beberapa bulan lalu, nampaknya tidak masalah kalau saya masih membahasnya. Google adalah mesin pencari yang paling sering digunakan saat ini, dan terus-menerus membuat perubahan pada algoritma yang menentukan situs mana yang muncul di bagian atas hasil pencarian. Berikut ini posting mengenai bagimana cara mengegah update algoritma google penguin.


Google Penguin 1.1: Apa itu google penguin dan bagaimana cara mengantisipasinya ?
Menurut Matt Cutts Google Penguin 1.1 adalah refresh data dan akan berdampak hanya <0,1% dari pencarian bahasa Inggris. Pendapat lainnya mengenai google penguin yaitu sebuah algoritma baru dari google yang berhubungan erat dengan penyalah gunaan optimasi seo sebagai web spam

Jika kamu seorang blogger yang situsnya terkena dampak dari update tersebut, mungkin kita perlu mengambil tindakan korektif untuk memperbaiki masalah tersebut. Dari bahan bacaan yang saya dapat, tips sederhana untuk menghadapi google penguin salah satunya yaitu mencatat link spam. Kemudian meningkatkan kualitas link blog kita dan meningkatkan variasi kata kunci anchor teks.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan apabila kita sudah terlanjur terkena dampaknya :
Penghapusan link yang memiliki kualitas rendah 
Memperbaiki kesalahan crawling blog
Membangun link lebih natural atau alami
Membuat variasi anchor teks 
Jangan melakukan komentar spam
Hilangkan widget atau plugin yang mengandung malware
Kualitas konten akan menjadi lebih penting

Jika kawan-kawan blogger pernah terkena dampak dari perubahan algoritma google , kita harus mulai membuat strategi untuk pemulihan dan optimasi SEO. Hukuman dari google bisa berupa penurunan pengunjung atau traffic bagi blog kita, bahkan ada juga blog yang menggunakan blogspot, langsung dihapus begitu saja. Jangan biarkan perubahan algoritma ini membuat blog kita hilang dari serp atau mengalami penurunan posisi di hasil pencarian.Tips cara mencegah dampak google penguin update di atas semoga bermanfaat bagi kawan – kawan blogger.
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 17.53

{ 3 comments... read them below or add one }

Jefry mengatakan...

Setiap kali berkomentar di blog saya selalu memakai nama saya sebagai anchor text, apa ini akan memberi pengaruh buruk juga ya ?
Wah saya jadi bingung..

fajar mengatakan...

after Pandas now comes the penguin. What is this? kind of fuckin zoo? Is the big G making a zoo? What next? Zebra? Chimp?

Hakim mahmud mengatakan...

Ulasan yang sangat menarik sekali terima kasig

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.