10 Tips Belanja Online Yang Aman

Posted by Kampus Baca on Minggu, 18 November 2012


Tips belanja online yang aman. Saat ini, banyak pengguna internet diberikan kemudahan dalam jual beli online. Dimana pun kita memiliki akses komputer dan internet, kita bisa melakukan browshing mencari produk atau jasa yang kita inginkan. Dengan alasan kemudahan, kenyamanan, banyak orang di Indonesia sudah mulai memilih melakukan pembelian secara online. Namun untuk menghindari hal yang tidak menyenangkan, misalnya penipuan, atau kualitas barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, dan resiko lain, kali ini ada sedikit tips bagaimana belanja dengan aman.

Untuk meminimalkan risiko yang tidak kita inginkan, terkait dengan  pembelian secara online, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bermanfaat: 

1. Pastikan komputer anda bersih dan terlindungi. Maksudnya bersih dari virus atau aplikasi lain yang berbahaya, dan update antivirus. Gunakan browsher yang terpercaya misalnya google chrome, Mozilla firefox, atau lainnya. Hal ini berhubungan dengan keamanan komputer.
2. Pilihlah situs yang terpercaya. Kita bisa mencari tahu hal ini dengan cara memahami situs, misalnya : Situs yang menggunakan enkripsi data ( biasanya menggunakan SSL/Secure Socket Layer). Ini bisa kita lihat di URL yaitu https:// dst  .
3. Mencari tahu informasi situs/ toko online tersebut. Anda bisa mengetahuinya berdasarkan pengalaman orang lain, melihat alamat situs, contact, layanan, kebijakan privasi, keamanan situs dan lain-lain. Selain itu pahami juga si penjual.
4. Membeli melalui e-Commerce/ toko online yang memiliki reputasi yang bagus, atau yang banyak direkomendasikan. 
5. Pahami betul produk yang ingin anda beli. Misalnya kita bisa membaca keterangan produk, bukan hanya melihat gambarnya saja. 
6. Pelajari metode pembayaran maupun pengiriman, apakah memang melayani secara professional atau tidak. 
7. Membandingkan harga produk dengan yang tersedia di situs lainnya. Mungkin saja ada yang lebih murah, sehingga kita lebih hemat biaya.
8. Jangan memberikan Nomor rahasia (PIN) kartu anda.
9. Belilah produk yang murah dahulu, kemudian ketika memang sudah terbukti terpercaya, maka kita bisa membeli produk lain yang lebih mahal. Hal ini untuk menghindari resiko kerugian yang besar ketika anda ditipu. 
10. Periksa barang yang sudah kita beli, ketika barang sudah sampai periksalah, apakah terjadi kerusakan selama masa pengiriman. 

Banyak situs di Indonesia yang dapat kamu pilih misalnya Toko Bagus, Berniaga, Ekiosku.com dan lain – lain. Semoga tips aman belanja online di atas dapat bermanfaat bagi kita. Jangan sampai kita menemui hal-hal yang tidak menyenangkan ketika membeli barang atau jual beli online lainnya. 
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 18.11

{ 3 comments... read them below or add one }

butik busana muslim mengatakan...

terima kasih atas masukkannya....

Unknown mengatakan...

Keren nih,, tips yang sangat membantu bagi mereka yg masih ragu berbelanja online http://tasmurahok.com/

hexters mengatakan...

Artikel sepeti ini ni yang akan sangat membantu bagi para pengguna internet untuk tidak ragu lagi belanja seara Online.

Bantu like Tips Belanja Online nya Gan di Facebook, agar masyarakat indonesia tidak merasa ragu lagi dalam Belanja Online dan menjadi suatu kebiasaan sehari-hari.

Jika ada masukan silahkan Koment / Kirim pesan untuk di buat artikel bisa di lihat di sini Saran dan Share juga jika bermanfaat

Trimakasih

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.