Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja di Perusahaan

Posted by bogi sebastian on Senin, 17 Desember 2012

Tips berpakaian saat wawancara kerja atau interview di perusahaan. Jika anda sudah melamar kerja kemudian mendapat panggilan untuk wawancara kerja maka alangkah lebih baik anda harus memilih pakaian yang tepat. Misalnya untuk wanita yang kadang memang lebih sedikit ribet dibanding dengan pria. Anda mungkin menganggap bahwa saat interview, harus memakai aksesoris atau pakaian yang mahal atau model terbaru. Mungkin itu selamanya tidak benar, Namun bagaimana penampilan atau cara berbusana agar anda terlihat rapi dan profesional ? berikut di blog carapada ini ada sedikit tips buat anda.

Ingat bahwa kemungkinan di 20 detik pertama anda bertatapan dengan si pewawancara, merupakan kesan pertama. Maka dari itu anda harus berpenampilan menarik, lebih formal dan konservatif daripada hari hari biasa. Misalnya untuk wanita anda harus terlihat cantik, cerdas dan seolah olah anda mampu untuk ditempatkan pada pekerjaan yang anda lamar. Berikut tips memilih atau berpakaian saat wawancara kerja.

Untuk Laki laki / Pria
Sepatu: Pakialah sepatu kantor, biasanya yang terbaik berwarna  hitam atau cokelat.
Dasi: Memakai dasi yang konservatif warna hitam, coklat, atau merah. Pilih yang  berpola sederhana
Pakaian: Memakai kemeja lengan panjang dengan setelan celana tapi bukan jeans. Celana warna hitam dengan kemeja warna abu-abu, biru tua atau coklat. Usahakan kemeja yang memiliki kancing, misalnya dengan kerah putih atau biru. Anda bisa menyesuaikan pakaian kerja yang cocok dengan bentuk tubuh dan usia anda.
Jangan memakai aksesoris yang terlalu banyak.
Sebelum wawancara harus mandi dan jangan memakai parfum yang terlalu menyengat, karena terkadang si pewawancara justru malah benci terhadap bau parfum tersebut.
Rambut: gaya rambut tidak terlalu panjang, yang terpenting terlihat rapi dan tidak menutupi wajah anda. Jangan mengenakan topi atau sejenisnya.
Tambahan : jaga kebersihan kuku, gosok gigi untuk mencegah bau nafas, jangan lupa seterika pakaian terlebih dahulu.

Untuk Perempuan / Wanita
Sepatu: Jangan memakai sepatu hak tinggi. Pakailah yang sedang dengan warna hitam jangan yang berwarna warni. Atau jangan mengenakan sepatu sport.
Pakaian: Memakai celana panjang dengan blus yang menarik, atau jika anda merasa nyaman pakailah rok. Setrika pakaian terlebih dahulu agar terlihat rapi.
Rambut dan makeup:  sederhana, yang pasti rambut rapi. Make up tidak usah terlalu tebal. Jaga kebersihan kuku, gosok gigi agar nafas tidak bau.

Apa yang anda kenakan harus menunjukkan bahwa anda adalah seorang yang profesional dan siap untuk bekerja di pekerjaan baru. Hindari kesalahan dalam proses seleksi karena ini penting bahwa anda terlihat baik dengan penampilan yang cocok untuk pekerjaan tersebut. Jangan terlihat gugup, alangkah lebih baik terlebih dahulu bercermin dan apabila sudah siap, langsung saja masuk ke ruangan interview. Semoga dengan tips berpakaian saat wawancara kerja di atas, anda dapat diterima di perusahaan yang dilamar.
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 15.39

{ 2 comments... read them below or add one }

Lowongan Kerja Terbaru mengatakan...

Sebagai tambahan, selain tips efektif untuk menunjang keberhasilan proses wawancara kerja Anda, maka kita harus berusaha untuk mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik, dari segi sikap, tutur kata maupun performa sewaktu dilaksanakan tes/ psikotes dari perusahaan :)

Grosir aksesoris mengatakan...

jangan terlalu banyak menggunakan aksesoris yang berlebihan, cukup seperlunya saja..yang penting rapi dan sopan..

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.