Dampak Google Panda Update Bagi Blog

Posted by Kampus Baca on Rabu, 13 Juli 2011

Dampak google panda update mungkin bagi sebagian blogger memberikan efek negatif pada blog. Sedikit pengantar dari saya, dalam meningkatkan pengunjung blog, kita tidak akan lepas dengan apa yang dinamakan optimasi seo.Selain hal itu, kita juga harus membuat konten yang berkualitas,sehingga hal itu berdampak baik bagi blog dalam search engine.

Dalam hal ini saya belum akan membahas bagaimana membuat posting yang baik untuk seo, keyword density yang bagus, pengaruh huruf tebal ataupun lainnya. Namun, saya akan sedikit berbicara mengenai analisa hasil diskusi dengan teman yaitu tentang dampak google panda update yang nantinya akan berpengaruh terhadap algoritma di search engine. Dalam membuat posting , ada dua hal yang saya kategorikan secara garis besar yaitu menulis untuk manusia dan menulis untuk search engine. Untuk definisi yang pertama dapat diartikan sebagai membuat posting yang bermanfaat bagi manusia, sehingga manusia tersebut akan mengingat alamat blog sehingga akan berkunjung ketika dia membutuhkannya misalnya blog Dota Guide Indonesia. Sedangkan yang kedua diartikan sebagai membuat posting yang bagus agar mendapat posisi yang bagus di search engine.

Konten Adalah Raja Dan Backlink Sebagai Ratu
Di tahun 2011 ini , saya berpendapat bahwa konten memiliki pengaruh yang besar dalam SEO, apalagi ditambah dengan backlink yang berkualitas. Berikut saya kasih contoh analisa hasil diskusi lewat chatting dengan seorang teman terkait dengan google panda update dan dampaknya. Perhatikan gambar berikut :
Gambar di atas adalah seo monitor dari layanan mypagerank.net , sebuah history blog yang awalnya memiliki PR 5 kemudian, berubah menjadi 0. Kemudian perhatikan lagi gambar dari traffic pengunjung dari blog di atas. 
Grafik di atas hanya aku ambil sebagian, awalnya blog di atas mempunyai ribuan pengunjung per harinya, tapi kemudian hingga kini berangsur- angsur turun menjadi kurang lebih 100 hingga 200 per hari. Yang jadi pertanyaan mengapa bisa demikian ?
Berdasarkan analisis dengan teman saya, hal itu kemungkinan disebabkan oleh kualitas konten, pemilik blog membuat posting hasil contekan dari blogger lain. Nah dari contoh kasus di atas kita dapat mengatakan bahwa dampak update google atau panda akan memberikan efek negatif terhadap PR blog, dan traffic pengunjung apabila kita membuat posting hasil duplikat dari blogger lain. Jadi bagaimana kawan - kawan blogger menanggapi hal di atas ?
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 20.24

{ 14 comments... read them below or add one }

Cerita dan Ilmu mengatakan...

So, kata kunci SEO adalah Jaga Kualitas Kontent Blog Anda…

anotherorion mengatakan...

sip artikelnya

juragan mengatakan...

lawan google panda..

Bisnis Online Gratis mengatakan...

Betul sekali tuch. Yang penting konten blog kita original. mengapa harus takut sama yang namanya google panda?

Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia mengatakan...

Google panda memberikan saya dampak positif, pengunjung saya jadi naik banyak sekali. Terima kasig Google panda.

ZONA W. M. mengatakan...

mow tny dong,
org awam nih,,,
cara masukin link k'postingan blog g'mn sih?

Thnk's sebelumnya.mow tny dong,
org awam nih,,,
cara masukin link k'postingan blog g'mn sih?

Thnk's sebelumny

artikelceritagratis mengatakan...

Bener tuh, google panda memang mantab deh, bener seperti kata yang nulis konten ini. dan bagi yang suka coppy paste mentah-mentah beware aja ntar di kick ama si panda. posting yang bermanfaat.

Clommot mengatakan...

kemarennya kalau baca postingan begini saya masih pede karena pv dari statistik masih menunjukkan angka terendah 2500-3000 perharinya. Tapi hari ini tak lebih dari perseratusan saja. Tips ini akan saya coba. Thanks gan. beginilah kalau kita terlalu bergantung kepada yang lain termasuk si panda gila yang besar perut itu.

seertinya harus memulai dari awal lagi. link link dari luar ternyata tidak berpengaruh

rudybondowoso mengatakan...

maaf sy ,sh newbie banget, mohon bantuan dan bimbingannya, tks

obatherbalpasutri mengatakan...

tak kan menyerah dengan namanya google panda..

YouTube Unik mengatakan...

kita hanya di suruh kreativ itu saja...jadi secara tidak suka maupun suka itu adalah hal yang baik bagi blogger indo yang memang sukanya instan.

Rizky fadhlillah mengatakan...

nice share :)

Faizz Prayoga mengatakan...

Ia sih....persis dengan blog saya dulu, awalnya puluhan ribu visitor perhari lama2 turun menjadi ribuan dan akhirnya di banned, emangsih semua kontennya duplikat semua alias hasil copas.......maklum waktu itu gw masih baru belajar ngeblog...

Toko Olid mengatakan...

wahh baru tau saya dampak dari google panda
makasih banyak gan atas infonya

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.