Dampak Kenaikan Harga BBM di Indonesia

Posted by Kampus Baca on Minggu, 01 April 2012

Dampak kenaikan harga BBM / bahan bakar minyak akan menimbulkan permasalahan baru di dalam kehidupan sosial masyarakat di Negara kita tercinta Indonesia. Meski kita bersembunyi di lubang semut pun pasti secara sadar maupun tidak sadar akan terkena dampak terhadap kenaikan harga BBM. Yang jadi pertanyaan apakah kebijakan SBY untuk menaikkan harga bahan bakar minyak adalah sebuah solusi bagi problem peningkatan kesejahteraan bangsa ? Pada kesempatan ini saya ingin sedikit beropini, setelah kemarin melihat bagaimana semangat mahasiswa STAIN Salatiga, PMII, HMI, KAMMI melakukan aksi gabungan tolak kenaikan harga BBM.

Bagi pengunjung blog carapada ini, mari sedikit berdiskusi mengenai hal tersebut. Saya hanya menyajikan opini dari apa yang aku peroleh selama ini. Sehingga bisa menjadi renungan serta dapat kita jadikan energi untuk melakukan gerakan pengabdian bagi rakyat. Kondisi hari ini, seolah – olah semakin membuat rakyat semakin terhimpit, artinya kita dibunuh secara pelan – pelan melalui semakin susahnya menjalankan roda perekonomian, khususnya dalam ranah pendapatan rumah tangga. Biaya hidup yang semakin meningkat, sementara tidak dibarengi dengan peningkatan kesempatan kerja dan kualitas pendidikan di Indonesia memungkinkan rakyat semakin terhimpit perekonomiannya.

Kondisi, Dampak dan Opini menyikapi Kenaikan Harga BBM
1. Harga minyak dalam negeri mengikuti harga minyak di pasar Internasional, meskipun kita juga punya minyak mentah sendiri. Namun siapa yang mengelola ?.... Seolah-olah dalam pikiran kita ditanamkan bahwa harga minyak dalam negeri harus mengikuti harga di pasar Internasional. Ini merupakan suatu hal yang menyesatkan. Dengan kebijakan ini secara langsung membuka kran kapitalis baik asing maupun kapitalis dari negeri kita sendiri. Dengan dibukanya kran tersebut, maka para kapitalis akan mendapatkan keuntungan besar atas penjualan minyak yang dilakukan oleh mereka di Indonesia. 

2. Banyak pejabat yang hidupnya untuk memburu materi, ada yang tidak berani melawan kebijakan tersebut karena takut melanggar sumpah jabatan…he..he. Dengan kondisi yang seperti ini, sidang paripurna pun tidak berjalan objektif dan belum benar- benar memperjuangkan nasib rakyat. Kita bisa lihat, hasil sidang paripurna DPR nanti, yang hingga kini keputusan untuk menaikkan harga BBM pada 1 April 2012 ditunda karena rancu. Dan kita bisa menganalisis apakah sidang tersebut melanggar Konstitusi atau tidak.

3. Apabila harga BBM memang dinaikkan, maka akan berdampak bagi perekonomian khususnya UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) dan lain – lain. Di antaranya
- Meningkatnya biaya produksi yang diakibatkan oleh: misalnya harga bahan, beban transportasi dll.
- Kondisi keuangan UMKM menjadi rapuh, maka rantai perekonomian akan terputus.
- Harga barang menjadi naik
- Terjadi Peningkatan jumlah pengangguran. Dengan meningkatnya biaya operasi perusahaan, maka kemungkinan akan terjadi PHK.

Mungkin tulisan di atas merupakan sedikit dampak kenaikkan Harga BBM yang terjadi pada ekonomi mikro, untuk kondisi perekonimian makro, saya sendiri masih mempelajari, karena saya hanya rakyat biasa yang masih perlu mencari ilmu yang lebih banyak.

Untuk saat ini, kita jangan mudah dimainkan oleh oknum, misalnya ada seorang da’i yang berkata agar kita sabar menghadapi cobaan yang menimpa bangsa ini ( harga BBM naik) ( lho kok Tuhan dikambinghitamkan,,aneh..nich) dan kita harus rela berkorban (membeli bensin premium lebih mahal) ( Lho.. rakyat yang terus dikorbankan). Buat kawan – kawan pengunjung blog ini, “ Tetap Eling Lan Waspada”
Saya sendiri butuh alasan kuat mengapa pada hari ini kenaikkan harga BBM harus dilakukan ? Silahkan berkomentar atau justru kawan - kawan sepakat BBM naik ?
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 01.45

{ 13 comments... read them below or add one }

Dwijayasblog mengatakan...

Makin mahal dan makin tinggi biaya hidup saat ini ditambah lagi issue kenaikan BBM. Seandainya pemerintah mau mengayomi rakyatnya.

cara turunkan kolesterol mengatakan...

walau tidak jadi naik tapi harga kebutuhan pokok tidak mungkin bisa otomatis turun

obat herbal ambeien mengatakan...

BBM sementara ditunda kenaikannya tp kok bahan2 pokok yang udah naik belum pada turun yachhh....malah yang turun kolor bapak yang semakin hari semakin kurus aja karena bahan pokok pada naik heeeehhhhh

will123 mengatakan...

Emng harga BBM tdk jd naik .
Tp, dampak'nya sudah ada .
Salahsatunya harga sembako yg sudah mulai tinggi harga jualnya .

robenito mengatakan...

emang serba salah dahhh...naik salah, turun juga salah...

Jefry mengatakan...

Alhamdulillah tidak jadi naik tapi katanya Indonesia kecolongan dana beberapa beberapa T untuk alokasi Lapindo

Unknown mengatakan...

Kalo sempat naek april kemaren,akan terjadi 'CHAOS' yg sangat berdampak buruk bagi negara indonesia.

Surya mengatakan...

kenapa bbm harus naik lagi kasihan rakyat kecil dech....

unadoang mengatakan...

negara ini cuma bs melihat yg di atas sampai yg tengah saja, sedangkan yg dibawah hanya 10% bahkan dibawah itu yg dilihat oleh negara... jd hidup ini berontak salah nda berontak pun salah... enjoy aja dehh.. :)

Pengobatan alami untuk ambeien mengatakan...

hmhh ,, yangg miskin dan uanggnya pas2an kasihan mereka :(

Anonim mengatakan...

kunjungi juga
mau cari PTC yang ternama? cukup liat iklan dan dibayar
segera kunjungi PTCnya.. ^^
http://www.clixsense.com/?4911568

Anonim mengatakan...

kalo menurut pendapat saya :
tidak mengeluh jika BBM dinaikkan, asalkan pemerintah betul-betul transparan dalam pemberian subsidi dan uangnya tidak di korupsi. Hasil dari penghematan subsidi dipakai untuk meningkatkan pelayanan publik. Karena daripada tidak naik, pemerintahan justru bangkrut karena APBN yang membengkak, akhirnya harus berhutang lagi dan lagi yang lebih besar yang akhirnya terjebak hutang, pada akhirnya yang susah ya rakyat.

Unknown mengatakan...

harga naik tidak apa2, tapi kenapa harusnya naiknya cukup besar?
kalau menurut saya kenapa tidak bertahap agar masyarakat tidak terlalu kaget dengan kenaikan harga bbm.

heater

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.