Gempa Aceh 8,5 SR 11 April 2012 Berita Terkini

Posted by Kampus Baca on Rabu, 11 April 2012

Berita terbaru gempa terjadi di Aceh dengan kekuatan 8,5 Skala Richter (SR) apakah akan menimbulkan tsunami?. Gempa ini terjadi pada pukul 15.38 WIB. Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa yang terjadi di hari Rabu ini, berada di laut dengan kedalaman 10 Kilometer. Sedangkan titik gempa berada di Simeuleu Aceh Tenggara. Getaran gempa 8,8 SR ini  juga dirasakan sangat kuat di Aceh, Sumatera Utara dan beberapa daerah lainnya di Sumatera.

Meskipun gempa susulan sering terjadi di Simeulue Aceh, yakni terjadi pada pukul 16:28:02 WIB dengan kekuatan 6,5 SR, hal itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Informasi ini berdasarkan pernyataan dari Sutopo Purwo Nugroho sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Namun beliau tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Berbagai cara pun terus dilakukan, apakah gempa ini akan menimbulkan tsunami atau tidak. Hal ini sebagai acuan dasar bagi BMKG untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat mengenai dampak yang mungkin terjadi akibat gempa tersebut.

Hingga kini  warga Simeuleu pun ikut memantau gelombang laut untuk mengetahui pasang surut air laut. Selain itu banyak warga lainnya merasa khawatir akan terjadinya tsunami seperti yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 yang menelan ratusan ribu jiwa.

Dengan adanya gempa yang sering terjadi di tanah air kita Indonesia, semoga kita dapat mengambil makna dan hikmah bagi kehidupan kita sendiri, sosial maupun dalam ranah agama, berbangsa dan bernegara. Sumber: dari berbagai sumber berita.
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 17.41

{ 6 comments... read them below or add one }

OM Kris mengatakan...

Astaghfirulloh, semoga selalu mendapat lindunganmu ya Alloh jagalah negeri ini, Amin

Jefry mengatakan...

Aceh sering kali diterpa gempa yang bertubi - tubi, semoga gempa kali ini tidak menjadikan saudara kita berada dalam guncangan. Semoga mereka selalu mendapat kekuatan dan lindungan untuk menghadapi berbagai musibah yang menimpa mereka.

umrah haji mengatakan...

Alhamdulillah tidak terjadi tsunami seperti tahun 2004 lalu...

parfum original mengatakan...

Semoga rakyat aceh mendapatkan hikmah yang berharga dari peristiwa gempa, dan menjadi lebih baik lagi...

tita mengatakan...

semoga rakyat aceh diberi kesabaran dan kekuatan....bisa mengambil hikmahnya.

Anonim mengatakan...

Sweet blog! I found it while surfing around on Yahoo News.
Do you have any suggestions on how to get listed in Yahoo
News? I've been trying for a while but I never seem to get there!

Thanks

Here is my site - search engine optimization; 123Abcdef123456.com,

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.