Bagaimana Google Merayapi Blog / Situs Web

Posted by Kampus Baca on Jumat, 20 Maret 2015

Sedikit berbagi mengenai cara kerja Google Search Engine – Ketika kamu mencari atau sedang browshing di Google, maka Google akan menampilkan halaman yang cocok yang sesuai dengan query yang anda cari. Sekaligus google juga memberikan urutan / peringkat di pencarian mereka. Tapi bagaimana cara google merayapi milyaran halaman web dan apa saja yang mempengaruhi hasil pencarian ?

Proses Crawler
Merayap/ crawling merupakan bagian proses yang dilakukan googlebot untuk menemukan halaman web kemudian googlebot akan menambahkan ke indeks mereka. Googlebot sering juga disebut robot, spider, atau bot. Nah dalam merayapi halaman web atau blog, google ini menggunakan algoritma, sebagai contoh Panda, Penguin dan sebagainya. Mereka mulai merayap dengan daftar URL halaman web hasil perayapan sebelumnya kemudian Googlebot mendeteksi berbagai tautan di web dan akhirnya googlebot memperbaharui indeks mereka.

Proses Indeks
Setelah Googlebot melakukan crawling/ merayapi situs, kemudian google akan mengindeks kata – kata yang ada di web dalam jumlah besar. Termasuk juga berbagai informasi yang ditautkan dalam tag konten, dan atribut lainnya, misalnya tag judul maupun atribut Alt pada gambar.

Proses Menyajikan Hasil Penelusuran
Ketika kita browshing, maka google akan memberikan halaman yang paling relevan terhadap query yang kita cari. Apa saja yang mempengaruhi relevansi tersebut ? Ternyata relevansi tidak hanya ditentukan oleh sedikit faktor,, bahkan lebih dari 200 faktor. Salah satu faktor tersebut diantaranya Pagerank ( yaitu ranking yang diberikan oleh google antara 1 – 10 ) selain pagerank ,faktor kualitas konten juga dipertimbangkan. Sehingga agar blog kita mendapatkan peringkat yang bagus di hasil penelusuran (Serp ), maka kualitas konten sangat penting untuk diperhatikan. Kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana persaingan di google search engine.

Sebagai contoh ketika kita mencari query penelusuran “ pengertian asuransi “, maka aka nada ratusan ribu hasil , kemungkinan besar di peringkat pertama di hasil pencarian adalah situs Wikipedia. Situs ini memiliki Pagerank yang tinggi dan juga kualitas konten yang bagus.  Selain itu untuk menjadi peringkat pertama di google, juga tergantung persaingan web yang lain.

Mungkin kalau sempat, saya akan berbagi sedikit mengenai kualitas konten yang disukai google. Tetapi belum bisa berbagi kepada pengunjung blog http://carapada.blogspot.com/ ini. Terus belajar mengenai teknik seo, sehingga ilmu anda akan bertambah dan pada akhirnya akan bisa menerapkannya. Sekian dulu sedikit pemahaman mengenai bagaiaman google merayapi situs web atau blog. Semoga bermanfaat
Bogi Sebastian
Carapada Updated at: 21.36

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Carapada. Diberdayakan oleh Blogger.